Mei 2017

Paduan Suara Karang Taruna Purbalingga

PADUAN SUARA KARANG TARUNA PURBALINGGA

Pengukuhan Karang Taruna Purbalingga 2014 - 2019

Pengukuhan Pengurus Karang Taruna Purbalingga
Pelantikan ketua umum dan pengukuhan pengurus karang taruna Kabupaten Purbalingga periode 2014-2019 dilaksanakan di pendopo Dipokusumo, Rabu (24/05/2017). Sebanyak 42 orang anggota pengurus karang taruna kabupaten Purbalingga dikukuhkan Bupati Purbalingga berdasar Surat Keputusan Bupati Purbalingga No. 240/136 Tahun 2017 tentang perubahan atas keputusan Bupati Purbalingga No. 240/30 Tahun 2015 tentang pengukuhan pengurus karang taruna Kabupaten Purbalingga, Provinisi Jawa Tengah periode 2014-2019.

Tasdi mengatakan Pemkab Purbalingga membutuhkan dukungkan dari lapisan pemuda, khususnya karang taruna untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan di Purbalingga. “Untuk membangun Kabupaten Purbalingga dan dalam rangka mengisi kemerdekaan, kita butuh generasi yang tangguh dan cerdas, pemuda tidak boleh loyo,” katanya dengan nada penuh semangat.

Tasdi berharap Karang Taruna yang dikukuhkan akan menjadi pelaku sejarah dan mempunyai pemikiran historis dan teleskopis. “Jenderal Besar Soedirman mendirikan TKR yang akhirnya menjadi TNI di usia muda, 29 tahun, kita harus pahami, namun sebagai pemuda juga harus berfikir teleskopis artinya berfikir ke depan, melakukan action mengatasi persoalan bangsa,” katanya.

Ketua Umum Karang Taruna Kabupaten Purbalingga periode 2014-2019 terlantik, HR Bambang Irawan, SH mengatakan Karang Taruna akan menjadi wadah untuk mensukseskan beberapa program pemerintah serta mengembangkan potensi generasi muda.
“Karang Taruna menjadi wadah pemuda untuk melakukan inovasi dan ekspresi sehingga menghadirkan kader-kader yang berkualitas dan berkarakter pancasila,” kata Bambang Irawan yang juga anggota Komisi 3 DPRD Kabupaten Purbalingga.

Bambang Irawan mengatakan langkah awalnya dengan memantapkan organisasi internal, menyamakan presepsi dari perangkat desa sampai perangkat kecamatan, kemudian segera mengawal dan memberikan kontribusi. Tujuannya untuk menimbulkan kepedulian sosial sehingga bermuara pada terwujudnya pengurangan angka kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Provinsi di Jawa Tengah, Dede Indra Pernama Sudiro, SH mengatakan karang taruna harus memiliki kiprah diwilayahnya. Dede menambahkan karang taruna diharapkan memiki jiwa semangat leadership. “Selain itu, karang taruna menjadi organisasi terdepan dalam menjaga keutuhan, kebhinekaan, dan ideoligi pancasila,” pungkasnya
HR Bambang Irawan, SH Dede Indra Pernama Sudiro, SH Bupati Purbalingga

Lomba Mewarnai Tingkat Paud


Lomba Mewarnai Tingkat TK/PAUD yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Kabupaten Purbalingga dan Himpaudi, Igraba, IGTK se Kec. Bobotsari .
 

Mars Karang Taruna

Karang Taruna Dituntut Karya Nyata

Lomba Pilar Sosial Tk Prov Jateng
Masa depan bangsa dan negara ada ditangan para pemuda, dan lewat pemudalah maka dunia ini akan dapat berubah, sebagaimana kata Proklamator Bung Karno “Berikan aku 1000 orang tua maka kan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 10 pemuda maka akan kugonjangkan dunia. Kata mutiara Bung Karno tersebut disampaikan Bapati Tasdi untuk memberikan spirit dan motivasi bagi Karang Taruna di Purbalingga untuk berbuat dan berkarya nyata.

“Saya minta Karang Taruna mengambil peran dengan langkah nyata untuk kemajuan bangsa dan negara, Holobis Kuntul Baris ,” ungkap Bupati Tasdi saat memberikan sambutan pada Penilaian Lomba Pilar Sosial Tingkat Provinsi Jawa Tengah, di Desa Timbang Kecamatan Kejobong, Selasa (2/5).

Bupati Tasdi yang juga mantan Ketua Karang Taruna Desa Tlahab Lor Kec. Karangreja era tahun 90-an menyampaikan tiga misi Karang Taruna; pertama Mission an Lighting yaitu Karang Taruna sebagai pencerah seperti lampu, kedua Mission Educated yaitu memberikan knowledge/pengetahuan dan ketiga Mission Powering yaitu memberdayakan kaum muda yang dapat berdaya saing. “Jadi pemuda aja memble, dulu Saya di organisasi Karang Taruna sekarang Alhamdulillah jadi bupati,” ujarnya memberi semangat kepada pengurus Karang Taruna “Bina Remaja” Desa Timbang.

Tahun 2017 Pemda mengalokasikan anggaran 300 juta di APBD untuk pembinaan Karang Taruna, dan apabila di Purbalingga terbentuk Karang Taruna di setiap desa yang berjumlah 239 Bupati Tasdi tidak segan-segan untuk menambah anggaran untuk kemajuan Karang Taruna di Purbalingga. “ Apabila Bambang Irawan (Ketua Karang Taruna Pbg, red) mampu membentuk 239 Karang Taruna di Purbalingga, maka dana 1 milyarpun tidak eman-eman,” tandasnya memberikan tantangan.

Pemda siap bersinergi dengan Karang Taruna yang ada di Purbalingga dalam berbagai program dan kegiatan pembangunan. Bupati berharap Karang Taruna “Bina Remaja” Desa Timbang dapat masuk dalam nominasi pertama Penilaian Lomba Pilar Sosial Tingkat Provinsi Jawa Tengah. “Kalau nanti menjadi juara maka akan dapat hadiah lagi dari Saya, “ungkapnya memberikan janji.

Secara terpisah Ketua Karang Taruna “Bina Remaja” Desa Timbang  Sholih Mulyono, S.Sos memberikan penjelasan program dan kegiatan yang menonjol dikelolanya;pengelolaan parkir dengan menyewa bengkok desa, penggemukan kambing lewat klaster-klaster, bank sampah keliling ke rumah-rumah maupun mengelola administrasi pembayaran listrik di desa.(BS/Dalpin)

Sumber : Purbalingga News

Bambang Irawan Ketua Karang Taruna

Ketua Karang Taruna Kab. Purbalingga
Bambang Irawan terpilih menjadi Ketua Umum Karang Taruna Kabupaten Purbalingga periode 2014-2019. Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Purbalingga tersebut menggantikan Ato Susanto yang mengundurkan diri pada 31 Desember 2016. 

Sekretaris Karang Taruna Purbalingga Aris Yuridianto, Minggu (16/4) mengatakan terpilihnya Bambang Irawan dilakukan secara aklamasi dalam rapat pengurus pada Sabtu (8/4) lalu, di Kantor Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsosdalduk KBP3A) Purbalingga. 

“Penetapan pemilihan ketua baru juga dilakukan bersamaan dengan revisi struktur kepengurusan dikarenakan ada sejumlah pengurus yang mengundurkan diri,” tuturnya.
Rencananya pelantikan pengurus baru tersebut akan dilakukan oleh Bupati Tasdi dalam waktu dekat ini. 

Sementara itu Bambang Irawan mengatakan dirinya memberikan apresiasi atas kepercayaan anggota Karang Taruna yang memberikan amanat kepadanya. Dirinya bersama jajaran pengurus akan berupaya seoptimal mungkin menjadikan Karang Taruna sebagai organisasi pemuda yang dinamis.

“Organisasi ini akan menjadi wadah bagi pemuda untuk mengembangkan diri dan juga memupuk kepedulian sosial kepada masyarakat,” katanya. Mengenai program unggulan yang akan dilaksanakan, dia mengatakan yang terpenting adalah mendukung program pemerintah yang saat ini sedang digencarkan.
 
Dia berjanji akan menjadikan Karang Taruna sebagai wahana bagi generasi muda di Purbalingga untuk menunjukkan eksistensi melalui berbagai kegiatan yang positif. “Saya ingin organisasi Karang Taruna hingga di tingkat desa bisa eksis dengan program unggulannya,” tuturnya.
 
Sumber :  Suara Merdeka