Desa Wisata Panusupan Tuan Rumah Bulan Bhakti Karang Taruna

Desa Wisata Panusupan Tuan Rumah Bulan Bhakti Karang Taruna

Desa wisata Panusupan, Kecamatan Rembang, menjadi tuan rumah kegiatan Bulan Bakti Karang Taruna Tingkat Kabupaten Purbalingga tahun 2015. Kegiatan ini akan melibatkan seluruh pengurus karang taruna se-Purbalingga. Dipilihnya Panusupan, karena desa ini memiliki potensi wisata yang layak dipromosikan kepada seluruh elemen masyarakat termasuk karang taruna.
Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga, Ir Prayitno, M.Si mengungkapkan, pemilihan Desa Panusupan oleh panitia tingkat kabupaten dinilai sangat tepat. Panusupan sebagai desa wisata budaya dan religi pantas dinikmati oleh semua kalangan termasuk para anggota karang taruna. “Karang taruna yang notabene sebagai generasi muda memiliki jejaring luas dan kemampuan pengalaman yang mumpuni, oleh karenanya, dengan memilih kegiatan di Panusupan, maka secara tidak langsung akan mmpromosikan desa wisata terbaik ke empat di Jateng ini,” kata Prayitno, Jum’at (25/9).
Dikatakan Prayitno, kehadiran para anggota karang taruna sekitar 200 orang dan menginap di homestay Desa Panusupan, setidaknya akan mampu menggerakan perekonomian warga setempat. Pembelajaran tentang berbagai pelatihan termasuk pengelolaan homestay dan memandu wisatawan, sekaligus akan diuji dengan kehadiran para anggota Karang Taruna,” ujar Prayitno.
Sejumlah kegiatan bulan bakti karang taruna, ;anjut Prayitno, juga melibatkan Dinbudparpora. Kegiatan itu antara lain pemberdayaan karang taruna dan pelatihan membuat souvenir wisata, karnaval budaya dan festival jajanan, kegiatan outbond, dan One Day Tour pesona alam Panusupan. “Semua kegiatan tersebut tentunya memberikan dampak positif bagi warga masyarakat, serta sebagai ajang praktek pelayanan kepada wisatawan,” tambah Prayitno.
Sementara itu, koordinator  Seksi Acara Panitia Bulan Bakti Karang Taruna Sri Wahyuni, AKS mengungkapkan, puncak kegiatan akan berlangsung pada 17 – 18 Oktober 2015 mendatang. Namun, rangkaian kegiatan akan dimulai pada Sabtu 26 September 2015 ini. Kegiatan yang akan dilaksanakan Sabtu hari ini (26/9) yakni pembuatan jamban umum yang melibatkan anggota TNI dan karang taruna setempat, kemudian pengukuhan, sosialisasi pemberdayaan karang taruna yang dilanjut dengan pelatihan kerajinan wisata (30/9), perbaikan rumah tidak layak huni (6 – 12/10), karnaval budaya dan festival jajanan (14/9), lomba tumpeng (15/9), dan puncaknya pada 17 Oktober yang akan dihadiri Pj Bupati Purbalingga beserta jajaran Muspida.
“Pada puncak kegiatan ini digelar kegiatan pemberian santunan untuk anak yatim, pemberian paket sembako, penanaman pohon, pameran produk unggulan desa, donor darah, pengobatan gratis, sarasehan pengembangan organisasi karang taruna, sosialisasi pilkada dan pemutaran film,” kata Sri Wahyuni yang juga Ketua KPUD Purbalingga.
Kegiatan bulan bakti, akan diakhiri pada Minggu 18 Oktober berupa senam pagi bersama, outbond, dan one day tour menikmati pesona alam Panusupan

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar